Jumat, 14 Februari 2014

Performance Tarian Anak Usia Dini

PERFORMANCE TARIAN ANAK USIA DINI

A. PENGENALAN TUBUH
Tubuh merupakan sumber gerak tari secara keseluruhan. Mulai dari gerakan kepala, tangan dan kaki. Bagian-bagian tubuh yang berperan dalam menari, adalah :
1. Struktur Tubuh
Mengenal struktur tubuh sangat penting bagi anak dalam menari. Anak diberi kesempatan mengidentifikasi dan mendemonstrasikan melalui gerakan tari yang terkoordinasi dengan struktur tubuh atau anatomi seperti persendian : siku, lutut, pinggang, leher, pergelangan
tangan, pundak atas.
2. Organisasi Tubuh / Olah Tubuh
Dapat dilakukan melalui :
a. Gerakan dinamis adalah gerakan yang dilakukan secara wajar oleh anak, namun indah dilihat.
b. Pembentukan tubuh dan dapat diajarkan cukup dengan cara mendemonstrasikan gerakan lateral atau kearah samping dan menyilang kearah samping, atau gerakan yang menggunakan bagian tubuh atas dan bawah dalam waktu yang bersamaan.
3. Ketrampilan Tubuh.
Ketrampilan tubuh yang perlu dilakukan anak adalah :
a. Keseimbangan
Adalah kemampuan anak untuk mendemonstrasikan kemampuan berjalan, melingkar, berjalan jinjit dan kemampuan menyeimbangkan satu kaki selama dua atau tiga detik.
b. Kekuatan
Kemampuan untuk mengungkapkan ekspresi gerak tubuh anak dalam menari
c. Rentangan gerak
Anak mampu mendemonstrasikan fleksibilitas dari gerakan : putar-putar, pinggang, pundak, lutut dan kaki
d. Menghubungkan
e. Ketrampilan anak untuk menggerakkan bagian tubuh secara tersendiri : menggerakkan tangan kanan saja atau kepala saja atau pada waktu yang bersamaan memfokuskan pada perhatian dan arah.

B. KESADARAN TUBUH
Bagian tubuh yang perlu dikenal anak dalam melibatkan tiga wilayah meliputi :
1. Wilayah kepala :dahii, muka, pipi, alis, hidung, mulut, telinga, rahang, dagu, mata, dan rambut
2. Wilayah badan bagian atas : leher, bahu, dada, perut, lengan, tangan, siku, pergelangan, telapak, dan jari-jari
3. Wilayah badan bagian bawah : pinggang, panggul, pantat, paha, lutut, betis, pergelangan kaki, punggung kaki, tumit, bola-bola kaki, dan jari-jari.

Bentuk- bentuk ruang dalam menari untuk anak usia dini :
1. Arah : menggunakan tubuhnya untuk menciptakan arah seperti kedepan, kebelakang, kesamping, meninggi, merendah, serta berbelok sambil menjelajahi tempat yang kecil, besar, tinggi dan rendah.
2. Jalan setapak
Anak menari dalam ruangan yang lurus, berkelok, melingkar dengan jalan setapak
3. Level
Anak menari dengan level intensitas yang tinggi, rendah, menengah
4. Bentuk individual
Anak bergerak pada ruang teman lainnya : anak bergerak diruang sendiri dan masuk ke dalam ruang teman atau sebaliknya
5. Bentuk
Anak mendemonstrasikan bentuk-bentuk geometri, melingkar, segitiga, diagonal, oval, bintang, bulan sabit, segi empat dll.
6. Hubungan
Anak menari dan mengidentifikasikan hubungannya dengan posisi yang jelas dengan teman lain.

Aspek dalam menari :
- Tempo : anak menari dengan tempo yang berbeda-beda tergantung pada perubahan iringan musik atau instrumen
- Ritme : anak menari dengan ketukan yang tetap, seirama dengan musik atau instrumen
- Pola : anak menari dengan pola ritmik
- Musik : anak berimprovissi dengan merespon musik.

C. KETRAMPILAN GERAK ANAK USIA DINI
Ketrampilan gerak dasar anak usia dini bersifat teknis dapat dilakukan sebagai gerakan kreatif dengan memadukan ketrampilan berikut:
1. Ketrampilan lokomotor : ketrampilan memindahkan posisi tubuh dari satu tempat ke tempat lainnya, misal berjalan, berlari, lompat, jingkat, berderap, mendorong dll.
2. Ketrampilan non lokomotor : ketrampilan ditempat yang dilakukan tanpa memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain. Meliputi kegiatan membongkokkan tubuh, merentangkan tangan, memilin, memutar, mengayun, menggoyang, mengangkat, mendorong, menark, memantulkan, merendahkan tubuh, dan lain-lain.
3. Keterampilan manipulatif : keterampilan yang melibatkan kemampuan anak untuk menggunakan bagian-bagian tubuhnya seperti tangan dan kaki untuk memanipulasi benda diluar dirinya. Keterampilan ini melibatkan koordinasi mata-tangan serta mata-kaki seperti gerakan bertepuk tangan, melambaikan benda (bendera atau selendang) serta melempar benda keatas lalu ditangkapnya dan sebagainya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar