Pendidikan anak usia dini merupakan wilayah pembahasan yang sangat luas dan semakin menarik. Karena usia dini merupakan awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal itu akan membawa dampak bagi sepanjang kehidupan anak selanjutnya. Penelitian dan pengkajian tentang pendidikan anak juga kian meningkat. Diharapkan dengan perhatian dan kesadaran terhadap pendidikan anak usia dini yang semakin baik membawa dampak positif bagi perkembangan anak selanjutnya. Guna pemahaman tentang konsep
pendidikan anak usia dini, maka terlebih dahulu akan dipaparkan beberapa pengertian tentang pendidikian anak usia dini menurut beberapa pakar, yakni antara lain :
1. Menurut Majory Ebbeck dalam Hibana (2005:2) Pendidikan anak usia dini adalah pelayanan kepada anak mulai lahir sampai umur delapan tahun(1991).
2. Menurut Hibana (2005:2) Pendidikan anak usia dini adalah upaya terencana dan sistematis yang dilakukan oleh pendidik atau pengasuh anak usia 0-8 tahun dengan tujuan agar anak mampu mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal.
Beberapa waktu yang lalu, konsep pendidikan prasekolah lebih dikenal dan disosialisasikan daripada pendidikan anak usia dini. Berkait dengan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang hakikat pendidikan anak prasekolah, yaitu pusat pengembangan kepribadian anak, pusat kesejahteraan anak (child welfare centre), sebagai usaha untuk membantu orang tua atau keluarga dan sebagai usaha untuk memajukan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan.
Dari beberapa hakikat tersebut, dapat dipahami bahwa pendidikan prasekolah merupakan pendidikan yang diberikan pada anak di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar, sedangkan pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diawali dari pendidikan keluarga, dilanjutkan dengan playgroup, taman kanak-kanak dan SD kelas awal.
Menurut Direktorat PAUD (2002:8) Anak usia dini adalah anak usia 0-6 tahun, yang merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan sangat berpengaruh pada kehidupan selanjutnya, anak usia dini juga diartikan sebagai anak prasekolah.
Menurut Blecker & Snowman (1993:7) Anak usia dini adalah anak prasekolah yang berusia antara 3-6 tahun. Seperti diterangkan juga oleh seorang pakar, Supriyadi (2010:?) menurutnya pendidikan usia dini adalah pendidikan usia sekolah atau pendidikan sekolah kelas-kelas awal sekolah dasar yaitu kelas 1,2 dan 3. Dari berbagai pengertian inilah yang kini semakin banyak dijadikan pegangan dan acuan.
0 komentar:
Posting Komentar